Binar Guru, dari Putera Sampoerna Foundation untuk guru Indonesia

Binar-Guru-dari-Putera-Sampoerna-Foundation-untuk-guru-Indonesia

Bagi sebagian guru, mengajar bukanlah hal yang mudah di masa pandemi Covid-19. Selain itu, mereka yang bekerja di daerah tertinggal perbatasan dan daerah terluar (3T) Indonesia.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi diketahui sangat bergantung pada teknologi seperti internet, laptop atau smartphone. Ketersediaan infrastruktur di kawasan 3T ini saat ini belum mencukupi.

Akibatnya, banyak guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan pelajaran kepada siswanya.

Belum lagi, beberapa guru masih melek teknologi.

Namun, keterbatasan infrastruktur di kawasan 3T tidak lantas membuat para guru di sana menyerah. Di sisi lain, atas nama profesionalisme, mereka memeras otak dan berpikir kreatif untuk mengajar siswa secara efektif.

Oleh karena itu, sering dilaporkan bahwa ada guru yang mengajar dengan cara yang unik. Misalnya, guru di SMPN 3 Satap Punik, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggunakan walkie talkie untuk mengajar.

Kemudian ada guru yang mengajar di gelombang radio amatir, seperti guru SD di Pekalongan

, Jawa Tengah. Selain itu, ada juga yang menggunakan media sosial TikTok, seperti guru di SDN 131 Kota Jambi, Jambi, Nurfaidah (35).

Cara-cara tersebut membuktikan bahwa guru-guru di Indonesia memiliki kreativitas, semangat juang dan semangat yang tinggi untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada siswanya.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Pelatihan Pengembangan Kompetensi Guru melalui Platform BinarDOK Guru.

Pelatihan pengembangan kompetensi guru PSF-SDO melalui platform Guru Binar

Pikiran menginspirasi

Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF-SDO) melihat semangat guru Indonesia untuk terus belajar beradaptasi dengan waktu dan mentransformasi platform LenteraEdu.

Platform peningkatan kompetensi guru di Indonesia yang diluncurkan PSF pada Oktober 2020 ini berganti nama menjadi Guru Binar.

Nama Guru Binar sendiri mencerminkan seorang guru yang antusias, kreatif, dan mudah beradaptasi yang selalu berkontribusi pada komunitas pembelajaran profesional yang mendukung.

Kepala Pengembangan dan Program PSF School Development Outreach Juliana mengatakan, guru di Indonesia dapat memberikan pendidikan yang berkualitas, meski sering diremehkan.

“Oleh karena itu PSF-SDO ingin menggunakan Guru Binar untuk memotivasi semua guru di Indonesia untuk bergabung dengan platform jejaring ini dan menggunakannya sebagai tempat untuk belajar mandiri. Saya tidak mau kalah dengan siswa, guru harus terus belajar dan mengembangkan keterampilannya,” kata Juliana dalam komunikasi resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (29 April 2021).

guru BinarDOK. Guru Binarik PSF-SDO

Selain itu, Juliana mengatakan Indonesia menempati urutan ke-36 dari 140 negara dalam hal daya saing sumber daya manusia (SDM) menurut Global Competitiveness Index 2017-2018 yang diterbitkan oleh World Economic Forum.

Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia masih berjuang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

“Oleh karena itu, kami percaya bahwa pendidikan merupakan fondasi yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas,” lanjutnya.

Sejumlah besar materi pengembangan kompetensi tersedia di platform Binar Guru. Materi ini juga telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan guru di seluruh Indonesia.

Selain itu, solusi yang ditawarkan untuk seluruh aspek pengembangan kompetensi disajikan secara detail dan dapat diakses secara online.

Untuk mengembangkan potensi guru, Guru Binar juga diberdayakan oleh fasilitator dari berbagai bidang mulai dari bahasa, IPS, pendidikan dasar, matematika, character building hingga pedagogi dan manajemen organisasi.

Sekadar informasi, Guru Binar merupakan salah satu program yang dimiliki oleh PSF sebagai lembaga bisnis sosial yang mandiri.

Sejak didirikan pada tahun 2001, PSF berfokus pada pengembangan pendidikan di Indonesia melalui penguatan literasi, numerasi, dan pengembangan karakter.

LIHAT JUGA :

https://indi4.id/
https://connectindonesia.id/
https://nahdlatululama.id/
https://www.bankjabarbanten.co.id/
https://ipc-hm2020.id/
https://sinergimahadataui.id/

Recommended Articles

?>