Brosur: definisi, jenis, karakteristik, fungsi, tujuan, kekuatan

Brosur-definisi-jenis-karakteristik-fungsi-tujuan-kekuatan

Definisi brosur
Baca cepat Buka

Brosur merupakan salah satu media informasi eksternal dalam bentuk cetak. Dalam rangka menawarkan suatu produk, brosur ini digunakan untuk menginformasikan kepada calon konsumen tentang produk yang ditawarkan. Secara umum, booklet ini adalah selembar kertas yang berisi barisan kata-kata, informasi tentang suatu produk, dan beberapa gambar pendukung.


Pengertian menurut ahlinya

Pengertian brosur menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Drs.Onong.U.Effendy dalam kamus komunikasinya (1989: 130)

Brosur adalah buku kecil dan tipis yang berisi informasi tentang suatu sebab atau kegiatan.

  1. Cutlip, Center and Broom dalam bukunya Effective Public Relations (1994: 263-273)

Brosur adalah publikasi pendek multi-halaman yang memberikan informasi singkat kepada publik tentang suatu organisasi atau perusahaan.
Baca lebih lanjut: Memahami ISO

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Brosur adalah media informasi tertulis tentang suatu masalah yang disusun atau dicetak secara sistematis dan hanya terdiri dari beberapa halaman dan dilipat tanpa ikatan atau dicetak selebaran dengan informasi singkat.

  1. Hampton (2013: 1)

Berilah pengertian buklet ini berdasarkan bentuk fisiknya yaitu berupa selembar kertas kecil yang dicetak, umumnya selembar kertas berukuran 8,5″ kali 11″ atau 8,5″ kali 14″ Dapat digunakan dengan lipatan tiga kali atau ukuran lain dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.
Jenis buklet

Di bawah ini adalah berbagai jenis brosur yang terdiri dari:

  1. Brosur dibuka

Brosur tanpa lipatan bisa disebut pamflet, dengan brosur yang tidak memiliki lipatan dan ukuran yang biasa digunakan oleh pengusaha adalah A5 (14,8 cm x 21 cm), A4 dan DL (1/4 kertas kuarto). Brosur jenis ini dapat digunakan untuk media periklanan dengan memberikan informasi yang singkat. Jika Anda ingin membuat informasi sedikit lebih lama, Anda juga dapat menggunakan kertas A4 yang berukuran 8,5 “x 11”.

  1. brosur 2 kali lipat

Brosur dua bagian biasanya menggunakan kertas ukuran A4 yaitu 8,5 kali 11 inci. Kertas dilipat menjadi 2 sehingga ada 4 sisi depan dan belakang. Brosur jenis ini biasanya digunakan untuk promosi yang menampilkan lebih banyak gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.

brosur 3 kali lipat

Jenis dan ukuran booklet 3 fold terakhir merupakan booklet yang paling populer dan banyak digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa. Kertas untuk membuat brosur 3 kali lipat adalah dalam format A4 21 cm x 29,7 cm, dimana kertas dilipat menjadi 3 bagian sehingga brosur memiliki 6 halaman depan dan belakang. Jika Anda ingin membuat brosur dengan banyak gambar dan foto atau brosur dengan banyak materi untuk disampaikan. Brosur 3 bagian ini sangat cocok untuk pilihan Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Baca lebih lanjut: Penghakiman adalah

Fungsi brosur

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri brosur, yang terdiri dari:

Biasanya Anda memiliki satu pesan.
Tujuannya untuk menginformasikan, mencerahkan dan juga meyakinkan atau bahkan mempengaruhi orang/pelanggan agar membeli atau menerima pesan yang disampaikan.
Diterbitkan hanya sekali. namun dapat dicetak ulang berkali-kali apakah diperbarui atau tidak.
Dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat.
Didistribusikan secara terpisah oleh produsen brosur.
Memiliki desain yang menarik dan kontennya juga harus jelas.

Fungsi brosur

Ciri-ciri brosur antara lain:

Untuk menginformasikan calon konsumen tentang perusahaan atau produk atau jasa yang ditawarkan.
Sebagai media periklanan, menarik dan juga memungkinkan untuk mengiklankan satu atau lebih produk atau jasa.
Desain brosur yang baik memungkinkan untuk memenuhi satu kriteria untuk semua brosur perusahaan. Kriteria kadang-kadang disebut sebagai konsep yang kemudian dimasukkan ke dalam semua jenis brosur, membuat perusahaan mudah diidentifikasi.

Tujuan brosur

Tujuan brosur dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Informasi (informasi).
Promosi (promosi).
Meningkatkan daya tarik suatu produk (agar dapat meningkatkan daya tarik suatu produk).
Sebagai identitas sebuah produk

Keuntungan brosur

Di bawah ini adalah beberapa manfaat brosur, terdiri dari:

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/

Materi iklan murah

Media iklan termurah selain media sosial adalah percetakan brosur. Harga cetak booklet di printer saat ini sangat murah apalagi jika anda mencetak di pulau jawa bisa booklet

Recommended Articles

?>