Fakta yang Membuat Harimau Sumatera Terancam Punah

Tiga ekor harimau sumatera (Panthera tigris Sumatrae) ditemukan mati pada Rabu (25/08) di kawasan pegunungan dan hutan lindung di Aceh Selatan. Ada beberapa fakta tentang tiga hewan yang dilindungi yang terdiri dari ibu dan dua anaknya.

Harimau sumatera merupakan salah satu subspesies harimau yang masih bertahan hingga saat ini

. Spesies ini juga dikenal sebagai Harimau Sunda, mengacu pada wilayah biografi yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Bali.

Harimau sumatera merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018.

Berdasarkan Red List of Threatened Species IUCN

, harimau sumatera saat ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam punah dengan resiko kepunahan tinggi di alam liar.
Lihat juga:
[img-judul]
Tiga Harimau Sumatera Mati di Aceh Selatan

Berikut sejumlah fakta tentang tiga harimau sumatera yang ditemukan mati di Aceh.
Meninggal di perangkap babi

Kepala UPTD KPH V Aceh Irwandi mengatakan, ketiga harimau tersebut diduga mati karena jerat babi. Dia telah mengerahkan personel untuk mengamankan barang bukti.

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengatakan masih menyelidiki kasus kematian harimau sumatera tersebut. Termasuk penyelidikan terhadap temuan yang terbuat dari pig wire traps.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah jebakan tersebut khusus untuk menangkap babi atau khusus untuk harimau.

Ketiga harimau tersebut ditemukan tewas tidak jauh dan ditemukan dalam kondisi membusuk karena terjebak dalam perangkap babi.
Lihat juga:
[img-judul]


Harimau sumatera terancam punah, banyak yang dibunuh manusia


Memiliki tubuh yang relatif kecil

Ciri fisik harimau sumatera dikatakan memiliki tubuh yang relatif kecil dibandingkan dengan subspesies harimau lainnya yaitu harimau kontingen (Panthera tigris tigris).

Harimau jantan dewasa bisa mencapai tinggi hingga 60 sentimeter, panjang dari ujung kepala hingga ujung kaki mencapai 250 sentimeter dan berat hingga 140 kilogram. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 sentimeter dan berat hingga 91 kilogram.

Harimau sumatera cenderung memiliki warna kulit yang lebih gelap, mulai dari kuning kemerahan hingga oranye tua. Biasanya ada warna kulit yang disertai guratan lebih tebal.

Lihat Juga

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/

Recommended Articles

?>